Resume Materi Hari Kedua PKKMB Unusa Tahun 2024-2025



 
 Resume Materi Hari Kedua PKKMB Hari Kedua Unusa Tahun 2024-2025

    Banyak sekali materi menarik di hari kedua PKKMB Unusa, materi pertama dengan tema "Tantangan dan Peluang Mahasiswa dalam Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0" disampaikan oleh Bagas Satrio Wicaksono - Agas (Mahasiswa Berprestasi Teknik Kelautan ITS, Cast Clash of Champion). Mahasiswa harus mampu mengidentifikasi masalah  dan kemudian mahasiswa harus bisa menentukan langkah apa saja yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Jika kita sebagai mahasiswa sudah mampu mengidentifikasi masalah dan telah dapat menentukan langkah apa saja yang harus diambil disitulah kita akan bisa mencapai semua goals dalam hidup. sebagai mahasiswa kita harus mampu menerima tantangan dan peluang yang datang agar kita terbiasa akan tantangan yang akan menuntun kita ke kesuksesan.
    Materi kedua dengan tema "Generasi Muda Berintegritas Anti Korupsi" disampaikan oleh Prof. Dr. Haryono Umar, SE., Ak., M.Sc., CA - Mantan Wakil Ketua KPK, Guru Besar UMJ, dan Wakil Rektor Perbanas Institute. materi nya membahas tentang kejahatan- kejahatan semakin berkembang diluar sana termasuk korupsi. Korupsi yang dilakukan petinggi negara hanya berasas dari kepentingan diri sendiri buakn untuk demi kepentinagn rakyat. kenapa bisa terjadi demikian itu karena ada penyebeb-penyebabnya. korupsi ada 30 jenis yang dirangkum menjadi hanya 2 jenis yaitu yang pertama terkait dengan uang negara, dan yang kedua yang tidak terkait dalam uang negara. 4 komponen koruspi adalah harus ada pelakunya, menguntungkan diri sendiri/orang lain, merugikan uang negara dan melawan hukum. mencegah korupsi bisa dilakukan oleh diri sendiri dengan bertekat kuat dan menjauhi kecurangan dalam sehari-hari.
    Materi ketiga dengan tema "Peran Mahasiswa dalam Kepedulian Lingkungan untuk Kesehatan dan Perwujudan Indonesia Emas" disampaikan oleh Muslikha Nourma Rhomadhoni, S.KM.,M.Kes. Kaprodi D4 K3 UNUSA. risiko adalah akibat yang kurang menyenangkan (merugikan dan membahayakan) dari suatu perbuatan, begitupun seorang mahasiswa yang harus siap menerima semua risiko yang ada diperkuliahan nanti. Mahasiwa harus mengenal bahwa setiap warga negara Indonesia berhak atas lingkungan baik dan sehat. Sebagai mahasiswa kita harus mengenali bahaya yang ada disekitar kita dan jangan sampai hal yang lalai karena itu akan merugikan diri sendiri dan orang disekitar kita. Pengendaliannya adalah melakukan 5R (ringkas, rapi, resik, rawat rajin). Sebagai mahasiswa kita harus aware dengan bahaya dengan memperhatikan instruksi dan jangan sembarangan. Sebagai mahaswa kita harus mewujudkan kampus sehat dan aman untuk seluruh warga kampus. 

Refrensi : Unusa

Comments

Popular posts from this blog

Resume PKKMB Hari Pertama Unusa Tahun 2024-2025

Resume Keseruan Brave Unusa ke-4, Mahasiswa Asing Buat Totebag Tie Dye Hingga Hand Printing